Blogroll

Rabu, 30 November 2011

TRANSFORMASI

Sedikit menjelaskan tentang program Transformasi OpenGL menggunakan Dev-CPP untuk lebih jelasnya klik disini..


Sedikit teori, Transformasi adalah proses perubahan, perpindahan suatu objek sehingga objek tersebut memiliki bentuk atau posisi yang baru.
Pada OpenGL terdapat beberapa tipe Transformasi diantaranya adalah :


  • Modeling Transformation : memodelkan transformasi dengan cara menggerakkan objek disekitar layar dan juga merubah objek dalam satuan koordinat lokal menjadi koordinat yang umum. Maksudnya adalah proses transformasi tertuju pada posisi dan orientasi pada pergerakan, perputaran, dan ukuran objek
  • Viewing Transformation : tipe transformasi ini memanfaatkan posisi kamera dan cara pandang objek tersebut sehingga jika dilakukan transformasi, maka yang akan melakukan transformasi adalah kamera atau cara pandang objek tersebut
  • Project Transformation : Transformasi ini berfokus pada isi/volume dari objek tersebut dan batasan pandangan dari layar yang ada.
  • Viewport Transformation : Transformasi ini memetakan koordinat yang terbuat kaena transformasi perspektif pada permukaan layar, Kita juga bisa membayangkan ini sebegai hasil akhir yang mampu memperbesar ataupun memperkecil objek tersebut, atau yang sering kita lakukan adalah seperti melakukan zoom in atau zoom out pada suatu objek, karena pada dasarnya ukuran dari objek tersebut tidak berubah, melainkan cara pandang kita memaksa kita untuk melihat objek tersebut menjadi objek yang lebih besar.


Pada dasarnya, operasi yang dapat dilakukan dengan menggunakan model transformasi ada 4, yaitu :

  1. Translation : Pemindahan Objek ke posisi yang baru
  2. Rotation : Proses memutarkan objek
  3. Scaling : Memperbesar dan Memperkecil Objek, disini kita bisa merubah ukuran objek tersebut tidak harus seragam antara panjang, lebar atau tingginya, sehingga kita bebas untuk me-resize objek yang telah kita buat
  4. Refleksi : Perubahan objek dengan cara menduplikatkan objek dan mengubah lokasi objek asli pada posisi yang berlawanan dengan sembarang sumbu yang dipilih.

Mungkin itu sedikit mengenai teori Modeling Transformation, sekarang kita akan coba men “transformasikannya” kedalam bahasa pemrograman OpenGL. Disini kita akan mempraktekan menggunakan OpenGL yang ada pada DevCPP. Berikut ini Screenshotnya :

Gambar 1 . SEGITIGA biasa


Gambar 2 . SEGITIGA yang sudah di Translasi

Gambar 3 . SEGITIGA yang sudah di Rotasi

Gambar 4 . SEGITIGA yang skalanya sudah diperbesar 






0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More