Blogroll

Rabu, 23 November 2011

software Pendukung Grafik Komputer (Lisensi dan GPU)

Sejarah GPU



GPU pertama dibuat oleh IBM dengan nama IBM PC video card pada tahun 1981. Saat itu istilahnya MDA (Monochrome Display Adapter) dan hanya bisa beroperasi untuk text mode dengan ukuran 80 kolom 25 baris (80x25). Mempunyai video memory sebesar 4KB dan cuma mensupport 1 warna.




Setelah kemunculan MDA itulah kemudian bermunculan beberapa kartu grafik.

Kesuksesan VGA menarik minat beberapa perusahaan seperti ATI, Cirrs Logic dan S3 untuk mengembangkan teknologi ini dengan meningkatkan kemampuan resolusi dan jumlah warna. Hal ini melahirkan teknologi resolusi standar SVGA (Super VGA) , dengan resolusi 1024x768, 256 warna dan memory 2MB.

Pada tahun 1995 muncul ke pasaran kartu grafis 2D/3D yang dikembangkan oleh Matrox, Creative, S3, ATI dll. Kartu grafis ini mengikuti standar SVGA tapi sudah mendukung teknologi 3D.

Pada tahun 1997,3dfx mengeluarkan Voodoo graphic chip yang lebih kuat dari kartu grafis lainnya pada saat itu, dengan memperkenalkan teknologi 3D effects seperti mip mapping, Z-buffering dan anti-aliasing. Setelah kemunculan Voodoo, kartu grafis 3D lainnya bermunculan seperti Voodoo2 dari 3dfx, TNT dan TNT2 buatan Nvidia.

Bandwidh yang dibutuhkan oleh kartu-kartu grafis ini mendekati limit kapasitas PCI bus pada saat itu. Intel mengembangkan AGP (Accelerated Graphics Port) yang memecahkan permasalahan bottleneck antara microprocessor dan kartu grafis. Dari tahun 1999 sampai 2002, Nvidia menguasai pasaran kartu grafis (mengalahkan 3dfx) dengan produk GeForce-nya.

Sejak tahun 2003, ATI dan Nvidia mendominasi pasaran kartu grafis dengan produk Radeon dan GeForce mereka dengan jumlah hampir 90%.



SOFTWARE PENDUKUNG 


Adobe Flash Player

Adobe telah merilis versi terbaru Flash Player buaatan mereka. Selama ini, Flash Player dikenal memiliki kemampuan untuk menjadikan konten lebih interaktif (seperti konten .swf) dan digunakan untuk membuka aplikasi berbasis browser (seperti video di Youtube).
Flash Player yang baru saja dirilis ini, sudah bisa anda unduh. Adobe Flash Player Terbaru ini tentu saja memiliki fitur-fitur yang semakin menarik, seperti penambahan kemampuan transformasi 3D dan animasi dan mendukung akselerasi dari beberapa fungsi grafis yang terdapat pada chip adapter grafis komputer (GPU).
Bug-bug yang terdapat pada Flash Player versi sebelumnya-pun sudah di perbaiki. Menurut pihak Adobe, kurang lebih 90% komputer komputer di seluruh dunia terhubung dengan koneksi internet sudah meng-install Flash Player. Jadi, mau tidak mau sepertinya Anda harus mendownload dan menginstall software yang satu ini supaya dapat menikmati berbagai web site yang menggunakan Flash Video untuk menampilkan kontennya.
Flash Player dapat berjalan di sistem Windows, Linux dan Mac. Bagi yang ingin mendownload Flash Player sebaiknya langsung mendownload dari situs Adobe langsung dikarenakan banyak situs-situs jahat yang mengelabui pengguna untuk mendownload Flash Player palsu.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More